Tenda Pocahontas

Assalaamu alaikum wr wb. 

Hai hai sobat Fashion :)


        Masih menjadikan Putri Disney sebagai model dalam gambar saya. Kali ini saya menyajikan seorang putri dari Indian. Putri anak dari kepala suku penduduk asli Amerika di Virginia. Karakternya sebagai anak pemimpin yang sangat tegas, pintar dan mandiri. Ya, kita sambut penampilannya... Princess Pocahontas.

        Cerita putri Pocahontas bukan hanya cerita imajinasi karya Disney, tapi cerita yang diangkat dari cerita seorang gadis. Dalam sejarahnya Pocahontas memiliki nama asli Amonute. Menyelamatkan Kapten John Smith yang akan dipenggal oleh ayahnya. Dalam cerita Disney, kisah cinta mereka bersatu, tapi tidak dicerita sebenarnya. Pocahontas masih terus menjalanin kehidupannya sebagai anak kepala suku. Pocahontas menikah dengan pria yang dicintainya, tentara ayahnya. Hingga kejadian tak terduga datang, Pocahontas diculik oleh Kapten berkebangsaan Inggris. Disana dia kembali bertemu dengan Kapten Smith, namun rasa sudah tak seperti dulu. Pocahontas hanya menganggap Kapten Smith seorang teman. Umur 21 tahun, Pocahontas meninggal karena sakit. Perjuangan seorang putri yang sangat singkat. 

        Kembali ke gaya busana sang putri. Busana tradisional suku Indian yang pendek dengan potongan yang sederhana, tanpa lengan dan tanpa jahitan pinggang. 

        Ciri khas dari busana Indian ini sangat mirip dengan Gaun Tenda  

Hah? Tenda? Tenda pernikahan?

Tenang pemirsa.. saya akan jelaskan.

        Gaun Tenda atau Tent Dress adalah Gaun bersiluet segitiga mirip tenda, sempit di bahu dan melebar ke bawah (kamus mode indonesia). Tanpa potongan pinggang, tanpa lengan, tanpa tutup tarik atau kancing. Gaun ini sangat sederhana untuk dibuat dan dipakai.  



Pocahontas dengan Gaun Tenda

        
           Tent Dress mulai populer pada tahun 60-an pada musim panas, diperkenalkan oleh Pierre Cardin. Tak ada batasan untuk membuat gaun Tenda ini menjadi lebih menarik. Tidak hanya faktor kain, detail saku, kerah dan tambahan lengan juga menjadi kombinasi baru dari gaun ini.



Gaun Tenda rancangan Pierre Cardin 1966



Gaun Tenda untuk pesta Pierre Cardin 1967

            Masih rancangan Pierre Cardin, Gaun Tenda dengan konsep lebih santai. Penerapan saku, kombinasi warna dan lengan reglan, menjadikan gaun ini bisa dipakai diberbagai kesempatan, hangout bersama teman, kolega ataupun keluarga.




            Gaun Tenda ini dipakai di wilayah kita dengan adat Timur ini, harus lebih sopan ya.
Bisa di buat baju dalaman lengan panjang dengan warna netral, atau sesuai dengan warna kulit. Boleh juga dengan menggunakan cardigan, jas atau selendang. Semoga bermanfaat :)


            Sekian sekilas info Fashion hari ini
            Tetap jadikan "Busanamu Pribadimu"

     

        

11 komentar:

  1. Anak saya punya 1 pcs Tent Dress ini Kak Vie... cantik memang dipakenya... bawahnya lebaar kayak tenda memang ya... kebetulan karena pake busana muslimah, si gaun tenda ini dijadikan outer gamis. Syantik kale

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, azura juga suka pake itu. Kadang jadi outer,kadang ya pake cardigan. Kayak princess katanya,kembang kembang gitu 😁

      Hapus
  2. Kalo anak perempuan masih kecil imut-imut pake dress model Pocahontas ya kak.
    Nah, kalo di rumah biasanya dipadankan dengan celana legging dan lengan. Trus dikasih jilbab deh..

    BalasHapus
  3. Istri saya tukang jait, pernah sih buat baju model gini. Tp gambar2 diatas bisa jd inspirasi hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang,liat gambar aja uda bisa kok buat pola nya. Simpel juga jaitnya.

      Hapus
  4. Kalau boleh saran, per paragraf jangan terlalu panjang, 3-4 kalimat kak, jadi lebih enak bacanya. Terimakasih

    BalasHapus
  5. Wah ternyata dibalik gambarnya ada cerita seru rupanya. Keren kakak, saya akan tunggu karya berikutnya. Semangat

    BalasHapus
  6. Iya nih, ternyata oh ternyata ada sebuah kisah di baliknya. Jadi teringat masa kecil dulu deh suka banget pakai busana ulang tahun menurut saya sih. Eh, ternyata mirip -mirip konsep busananya ala gaun tenda. Ah, jadi ngerasa seperti seorang putri deh sayanya.

    BalasHapus
  7. Keren juga nih warung tenda... eh kok warung tenda sih.
    Tent dress... bisa di modif jadi tunik ya buat kita para jilbaber. kalo dikasi tangan, apa namanya masih tent dress mba vie?

    BalasHapus
  8. Coba kalau disulap jadi baju hamil ya kak pastinya pada suka deh dan dibuat versi lengan panjang, saya suka dengan model dress nya hihihi

    BalasHapus